Andi Setiadi Suka ngutak-atik Spreadsheet baik itu Excel atau Google Sheet kadang-kadang LibreOffice Juga

Logika Lain Mengecek Hasil Rumus FIND/SEARCH

1 min read

Hari ini disalah satu group excel saya menemukan ada yang menggunakan logika yang cukup unik karena diluar kebiasaan, dan menurut saya ini agak menarik untuk dibahas.

Sebelum membahas apa yang saya temukan, mari kita sedikit bahas tentang rumus FIND atau SEARCH terlebih dahulu.

Kedua rumus ini sama-sama mencari text didalam sebuah cells, baik itu FIND ataupun SEARCH akan menghasilkan posisi Index Number dimana Text yang dicari ditemukan.

Yang membedakan antara FIND dan SEARCH hanyalah Case Sensitive nya saja.

FIND akan mencari text yang sama persis (case sensitive) sedangkan SEARCH akan mencari text secara non case sensitive artinya hurup besar atau hurup kecil dianggap sama.

Hasil dari rumus FIND atau SEARCH ini akan ada 2 kemungkinan. Jika ditemukan, maka rumus akan menghasilkan Index Number dimana Posisi Text berada. Atau, menghasilkan Error #VALUE jika text yang dicari tidak ada atau tidak ditemukan.

Logika Umum ISNUMBER

Untuk mengecek hasil rumus FIND atau SEARCH ini, logika paling umum dan rasional dan banyak digunakan adalah dengan menggunakan rumus ISNUMBER.

Rumus ini akan menghasilkan TRUE jika rumus FIND atau SEARCH menemukan text yang dicari dan akan menghasilkan FALSE jika hasilnya Error.

Sangat masuk akal jika ISNUMBER alternatif pertama yang digunakan untuk mengecek hasil FIND atau SEARCH.

Contoh sintak rumusnya akan menjadi seperti ini.

Selain menggunakan ISNUMBER, ada juga beberapa orang yang malah menggunakan ISERROR kemudian ditambah dengan NOT untuk mencari kondisi TRUE, yang menurut saya ini orang gak ada kerjaan, karena malah menggunakan 2 rumus.

Mengunakan rumus NOT+ISERROR ini logika paling jauh yang saya temukan waktu itu. Dan saya kira tidak akan menemukan logika lain yang lebih jauh dari ini, untuk digunakan dalam kasus real.

Tapi kan bisa saja membalik “Ada” dan “tidak ada” agar tidak perlu nambah NOT sehingga cukup ISERROR saja!

Betul, dengan membalik kondisi IF maka bisa mengunakan ISERROR saja. Namun pada kondisi ini kita posisikan akan mencari sebuah kondisi TRUE sehingga posisi “ada” dan “tidak ada” pada rumus IF posisinya tetap tidak berubah.

Logika Out of The Box, IFERROR

Hari ini, saya kembali menemukan logika terjauh untuk pengecekan hasil rumus SEARCH atau FIND, bukan pake ISNUMBER ataupun ISERROR, malainkan menggunakan IFERROR.

Jujur saja, rumus ini tidak terpikirkan untuk digunakan pada kondisi ini.

Menurut saya pribadi, bisa saya bilang penggunaan IFERROR ini sangatlah Unik. Karena, pada hasil IFERROR dituliskan kondisi logika FALSE.

Pertanyaannya, lalu dimana kondisi TRUE nya ? kondisi TRUE pada rumus ini itu menggunakan Posisi Index.

Seperti yang kita tahu, didalam rumus IF dimana sebuah nilai yang lebih atau sama dengan 1 itu akan dianggap TRUE dan 0 akan dianggap FALSE.

Sehingga disini menjadi masuk akal.

Mari kita coba buktikan rumusnya.

Dalam sepintas, rumus ini sama seperti sebuah gambar yang perlu dilihat dua kali, karena jika dilihat sepintas, rumus ini akan terlihat aneh.

Keanehannya terletak pada kondisi TRUE nya, dan terlihat seperti cuma satu kondisi tapi menghasilkan 2 kondisi.

Berikut gambaran jelasnya.

Kondisi TRUE dihasilkan oleh rumus yang berwarna Hijau sedangkan kondisi FALSE dihasilkan oleh rumus yang berwarna merah.

Ini sangat berbeda dengan kodisi ISNUMBER ataupun NOT ISERROR karana keduanya baik TRUE/FALSE dihasilkan oleh rumus yang sama.

Andi Setiadi Suka ngutak-atik Spreadsheet baik itu Excel atau Google Sheet kadang-kadang LibreOffice Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *